6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah

136 views

Blog DokterKulit merupakan hal utama yang harus dijaga dalam menjaga kecantikan tubuh dan wajah anda. Kulit merupakan hal pertama yang dinilai dan dilihat orang ketika bertemu dengan kita. Memiliki kulit yang putih, bersih, mulus dan utamanya tanpa keriput merupakan dambaan setiap orang.

Jika usia anda telah menginjak angka 40 an, maka salah satu dilema yang akan timbul ialah kulit keriput. Saat memiliki kulit keriput tentunya akan semakin sulit untuk menghilangkannya, maka pilihan yang sempurna bagi anda ialah mencegahnya sebelum keriput muncul. Cara yang aman tentu saja dengan menggunakan cara-cara alami, ibarat yang akan diuraikan pada artikel di bawah ini.

6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah

Kulit merupakan hal utama yang harus dijaga dalam menjaga kecantikan tubuh dan wajah anda 6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah
Ilustrasi Wanita Mencegah Kerutan di Wajah

Berikut 6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah

1. Berhenti Merokok
Aktifitas merokok merupakan hal buruk dan berbahaya bagi kesehatan termasuk kesehatan kulit anda. Merokok dapat membuat Anda terlihat  lebih tua, membuat kulit Anda kering dan pucat serta menyampaikan kesan bintik-bintik penuaan. Bukan hanya itu merokok dapat menyampaikan tambahan keriput pada wajah anda terutama di sekitar mata dan bibir. Merokok menghilangkan  oksigen dan nutrisi pada kulit anda, yang mampu menjadikan banyak kerusakan. Selain itu, ada lebih dari 4.000 materi kimia dalam asap tembakau, dan tidak satupun dari mereka yang bermanfaat untuk kulit.

ADVERTISEMENT

2. Minum Air Putih
Kelembaban sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, dan juga membantu membersihkan tubuh Anda dari racun. Ketika kulit Anda terhidrasi maka ia akan  tampak sehat dan bercahaya. Namun, air minum tidak memiliki efek eksklusif pada kulit Anda. Hidrasi yang sempurna ialah penting bagi kesehatan untuk jangka panjang, tapi menyampaikan beberapa keuntungan jangka pendek untuk kulit anda.
Minum delapan gelas air sehari membantu tubuh dan kulit dari waktu ke waktu.

3. Konsumsi Omega-3 Asam Lemak
Omega-3 asam lemak menyehatkan kulit kering, dan ia juga melaksanakan banyak hal besar lainnya untuk tubuh Anda (seperti mengatasi penyakit jantung, mengurangi depresi, dan meningkatkan kognisi otak). Anda dapat mengambil komplemen omega-3, ibarat minyak ikan, atau Anda dapat menambahkan lebih banyak omega-3 untuk diet Anda dengan mengonsumsi makanan yang kaya lemak ini . Jika ketika ini Anda memiliki kulit kering, itu mampu menjadi tanda bahwa Anda tidak menerima cukup omega-3 dalam diet Anda.

4. Makan Diet Nabati
Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang menjaga kulit Anda supaya tetap sehat.
Misalnya, vitamin C (antioksidan) yang dikenal sangat penting dalam produksi kolagen. Kolagen ialah protein yang membantu sel-sel dan pembuluh darah di kulit Anda tumbuh. Hal ini, pada gilirannya, ialah apa yang menyampaikan kulit Anda kekuatan dan ketegasan.

  • Beberapa makanan yang kaya vitamin C adalah:
  • Jeruk dan grapefruits
  • Paprika merah dan hijau
  • Kiwi
  • Jambu
  • Stroberi
  • Kubis Brussel
  • Melon

Ini juga penting untuk makan makanan yang kaya antioksidan lainnya. Antioksidan ialah molekul yang menetralisir radikal bebas. Menurut Mayo Clinic, radikal bebas ialah produk sampingan beracun dari metabolisme sel alami, mereka juga diperkenalkan ke dalam tubuh melalui kulit Anda dalam asap rokok, pestisida, polusi, dan faktor lainnya.

Pada dasarnya, antioksidan membantu melindungi sel-sel Anda dari racun ini, terutama sel-sel kulit Anda. Ini berarti mereka melindungi semua sel-sel Anda, dimanaNational Cancer Institute percaya bahwa antioksidan dapat membantu menurunkan risiko kanker. Antioksidan ialah vitamin C, E, dan K, serta beta-karoten dan likopen.

Untuk menerima lebih banyak antioksidan dalam diet Anda, pikirkankanlah makanan sehat yang berwarna. Makanan kaya antioksidan meliputi:

  • Ubi jalar
  • Wortel
  • Melon
  • Labu
  • Tomat
  • Mangga
  • Bayam, kangkung, dan sayuran hijau gelap lainnya
  • Aprikot
  • Almond dan kenari
  • Brokoli
  • Grapefruits dan jeruk darah
  • Pumpkins
  • Biji bunga matahari

5. Gunakan Sunscreen
Pernahkah Anda melihat seseorang yang telah menghabiskan bertahun-tahun di bawah sinar matahari ? Kulit mereka kendur, gelap, kering, dan penuh keriput.
Menurut Skin Cancer Foundation, alasannya ialah karena ketika Anda terbakar, baik oleh sinar matahari Anda telah merusak sel-sel kulit Anda. Kerusakan kumulatif dari sinar UV ialah penyebab utama penuaan dini dan kanker kulit.

Inilah sebabnya mengapa menggunakan tabir surya ketika Anda berada di luar, melindungi kulit Anda dari kerusakan jawaban sinar matahari.

6. Gunakan Pembersih Wajah Alami
Sangat sulit untuk menerima pembersih wajah yang alami karena produk-produk komersial ibarat pembersih wajah, atau toner memiliki kandungan materi kimia. Lebih dari 90%  produk perawatan kulit dan kosmetik belum dievaluasi oleh FDA atau tubuh akuntansi lainnya. Apakah Anda benar-benar tahu apa semua materi kimia tersebut lakukan untuk kulit Anda? Apakah Anda tahu efek samping jangka panjang dari materi kimia?

Kebanyakan orang tidak. Dan ini ialah alasan besar mengapa anda harus berhenti menggunakan perawatan kulit komersial dan produk kosmetik.  Sebaliknya, anda perlu  menggunakan pembersih yang terbuat dari alam yang dibuat sendiri. Seperti mencuci wajah dengan oatmeal dan juga produk lembab lainnya.

Terima kasih telah membaca 6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah. Semoga cara diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak

Tags: #Tips Kecantikan #Tips Kulit #Tips Wajah