7 Cara Mengatas Mata Ikan Pada Kaki

34 views

Tips Kesehatan – Mata ikan secara umum dikenal dengan kutil. Adalah suatu kondisi kulit mati dimana ia tumbuh di beberapa episode kulit utamnya di episode kaki. Dalam isitilah medis ia dikenal dengan plantar warts, dimana adanya kulit dengan tekstur garang yang tumbuh di episode kulit. Jika mata ikan ini tumbuh maka kulit dibagian bawahnya akan terganggu dan itulah yang disebut kulit plantar.

Banyak penyebab dari mata ikan namun secara umum ia disebabkan oleh virus human papilloma atau HPV yang bisa masuk ke dalam badan lewat luka-luka kecil atau juga ketika terjadi bencolan pecah. Mata ikan sendiri terkadang tidaklah sakit namun yang sangat mengganggu dari mata ikan ini ialah penampilannya yang biasa membuat orang tidak nyaman.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi mata ikan, maka sangatlah penting untuk mengetahui gejala dan tanda sehingga anda dapat mengantisipasi dan juga bisa anda hindari biar mata ikan ini tidak lagi tumbuh di kulit anda.

 Mata ikan secara umum dikenal dengan kutil 7 Cara Mengatas Mata Ikan Pada Kaki

Berikut ini beberapa gejala mata ikan pada kaki:

1. Terdapat luka kecil yang nampak berdaging yang garang dan bertumbuh di telapak kaki.

2. Adanya kulit callus yang menebal dan mengeras dan mengalami pertumbuhan yang menjorok ke dalam.

3. Ada episode yang tampak menghitam dimana episode itu ialah benih kutil dan mmebuat oembuluh daah tersumbat.

4. Ada luka yang mengganggu garis kaki

5.Rasa sakit dan episode yang terasa lunak ketika berjalan maupun berdiri.

Lihat juga : Cara Melembutkan Kulit Kaki

HPV yang merupakan penyebab dari mata ikan sangat bergantung contoh penyerangannya dengan kekebalan sistem imun setiap orang. Sebab respon terhadap HPV tidak semuanya akan menunjukkan dampak mengalami kutil mata ikan. HPV juga merupakan virus yang tidak mudah menular walau dengan kontak fisik. Yang harus anda perhatikan ialah virus ini dapat berkembang biak dengan subur di lingkungan yang hangat dan lembap. Maka hindarilah untuk bertelanjang kaki alasannya penularan virus dapat terjadi pada mereka yang sering berjalan telanjang kaki di sekitar bak renang atau ruang ganti. Jika virus menyebar diawali pada daerah pertama terjadinya infeksi, kutil yang timbul dapat bertambah banyak.

Penularan virus akan cepat terjadi ketika anda memilki luka terbuka pada kulit telapak kaki, ibarat kulit yang pecah-pecah karena kulit kering, luka terbuka, kulit yang basah, lembap, lembut dan rapuh karena terlalu lama berada di dalam air.

Walaupun pada umumnya mata ikan dapat sembuh dengan sendirinya, namun yang mesti anda ketahui ialah membantu penyembuhannya akan mengurangi resiko penyebaran dan juga bertambah banyaknya mata ikan atau kutil anda.

Oleh karena itu di bawah ini merupakan beberapa cara menyembuhkan mata ikan pada kaki anda.

1. Obat asam salisyl ialah obat yang baik merangsang system imun biar bisa menyerang virus yang masuk pada badan kita. Saat menggunakannya maka ia akan dengan cepat menghilangkan mata ikan pada kaki anda dan membuatnya tidak kembali lagi karena system imun yang anda rangsang bisa menahannya untuk tidak menyebar dengan cepat.

2. Cryotherapy merupakan terapi pembekuan oleh dokter. Ia akan semakin efektif jikalau dibarengi dengan pengoatan salicylic acid tadi. Cryotherapy merupakan terapi yang menggunakan nitrogen cair. Nitrogen tersebut dioleskan pada kutil mata ikan bisa dengan menggunakan semprotan atau dengan cotton bud. Kulit tersebu akan mati rasa karena sentuhan nitrogen cair dapat menjadikan rasa sakit. Terapi ini dapat menyebabkan timbulnya luka melepuh di sekitar kutil, dan sel kulit matinya akan terkelupas dalam waktu sekitar seminggu.

3. Banyak pula orang yang melaksanakan operasi ringan dimana ia memotong dan menghancurkan kuitl tersebut. Walaupun proses ini mungkin sakit beberapa orang lebih memilihnya karena ampuh dan membuat kutil tidak kembali lagi. Anda juga bisa mengguankan bius local ketika melaksanakan operasi untuk mata ikan ini.

4. Anda bisa melaksanakan terapi imun, yaitu merupakan suntik antigen eksklusif mengenai mata ikan anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan krim untuk menghilangkan virus dari kutil.

5. Menggunakan laser juga merupakan salah satu alternative. Pulsed-dye laser bisa memperabukan pembuluh darah yang tertutup dan membuat jaringan yang terinfeksi lama-kelamaan akan mati dan kutil akan terlepas dengan sendirinya.

6. Melakukan vaksin HPV yang efektif.

7. Untuk mengikis jaringan kulit mati dari mata ikan atau untuk kutil anda, mengguankan plester dan merenamkan kaki anda juga salah satu tips yang bisa berhasil. Hal itu karena bisa melembabkan jaringan kulit dan membuatnya terlepas.

Baca juga : Tips Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Gatal

Hal diatas ialah banyak sekali cara menghilangkan mata ikan. Di bawah ini aalah cara biar anda bisa menghindarinya.

1. jangan melaksanakan kontak eksklusif dengan kutil mata ikan, termasuk kutil yang sudah tumbuh di kulit sendiri.

2. Selalu jaga kebersihan kaki dengan menjaga kaki tetap kering dengan sering mengganti sepatu dan kaos kaki.

3. Selalu menggunakan sepatu atau sandal ketika ada di area yang kemungkinan menjadi sumber berkumpulnya virus penyebab kutil ibarat di kamar mandi umum atau bak renang.

4.Jangan mengorek kutil karena dapat membuat virus semakin tersebar.

5.Jangan menggunakan kerikil kali yang sama atau alat penggunting kuku yang sama ke area kulit atau kuku yang tidak terinfeksi.

6.Seringlah mencuci tangan sebersih mungkin setelah menyentuh kutil mata ikan.

Semoga infonya bermanfaat dan juga membantu anda. Terimakasih.

Tags: #Kutil #Tips Kesehatan #Tips Kulit